PENDIDIKAN INDONESIA BERMASALAH

Posted 09.05 by Admin in

Bicara tentang pendidikan di Indonesia tidak akan ada habisnya. Banyak masalah yang ditemui dalam pendidikan di Indonesia saat ini. Bahkan mungkin sebagian masyarakat Indonesia pun tidak mengerti apa arti pendidikan atau bahkan tidak tau akan pentinnya pendidikan. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk mengajarkan kebudayaan dari generasi ke generasi selanjutnya.

Masalah pendidikan yang utama adalah sistem pendidikan yang dilaksanakan di lapangan atau prakteknya kurang optimal. Tidak hanya itu saja, faktor lain yang menyebabkan masalah utama dalam pendidikan adalah terbatasnya fasilitas untuk pembelajaran baik bagi pengajar dan anak didik. Hal ini terkait terbatasnya dana pendidikan yang disediakan oleh pemerintah dan guru-guru yang berkompetensi. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan Depdiknas untuk meningkatkan kompetensi guru, seperti kegiatan semacam penataran dan sosialisasi, namun tidak membuahkan hasil dari kegiatan tersebut. Sebenarnya kurikulum di Indonesia tidak kalah dari kurikulum di negara maju, tetapi pelaksanaannya yang masih jauh dari optimal, serta kurang sadarnya masyarakat mengenai betapa pentingnya pengajar dalam membentuk generasi mendatang. Dan sering kali profesi pengajar tidak begitu dihargai.

Adanya biaya pendidikan yang mahal juga menjadi masalah dalam pendidikan. Biaya mahal menyulitkan sebagian masyarakat Indonesia yang kurang mampu. Hal ini dapat mengakibatkan banyaknya anak-anak Indonesia yang terancam putus sekolah. Oleh karena itu, sangatlah diperlukan peningkatan dana pendidikan di Indonesia agar dapat membantu masyarakat Indonesia yang kurang mampu melalui program beasiswa, orang tua asuh, dan dapat juga dengan pembebasan biaya pendidikan.

Jika kondisi yang disebutkan di atas tidak diubah dan tidak dibenahi, maka kecil harapan pendidikan bisa lebih maju dan lebih baik. Selama ini terkesan kuat bahwa pendidikan yang berkualitas harus bermodal atau berbiaya besar. Tapi oleh pemerintah hal tersebut tidak ditanggapi. Padahal kita semua tahu bahwa pendidikan akan membaik jika pengajarnya berkompetensi dan tersedianya cukup dana untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran.



0 comment(s) to... “PENDIDIKAN INDONESIA BERMASALAH”

0 komentar:

Posting Komentar